Pempek Sambal Jambi

Advertisement


Gara2 invite bbm yg jualan pempek sambal, lalu kepikiran enak apa gak. Cuman karna kalo delivery mesti pesen sampe 50 rb, nah jadi males -.- mending coba bikin aja. Cari2 resepnya di cookpad eh nemu dari resepnya Cella Windri AW. Alhamdulillah pempek sambal buatan aku not bad lah rasanya, cuma kok rasanya kaya cireng ya? Apa bener gitu? Lain kali emang mesti beli dari yg ahli nih hahaha.

Bahan-bahan :
20 ndol
50 gram tepung sagu
50 gram tepung kanji
1 sdt kaldu bubuk (aku pake royco rasa ayam)
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdm cabe merah (stok dirumah udah digiling semua sama mama jadi tinggal disendokin aja)
3 lembar daun jeruk
1/2 batang daun bawang
secukupnya air
secukupnya garam
secukupnya gula

Langkah :

1. Bikin pempek nya dulu⚫Masukkan tepung sagu, kaldu bubuk, garam, dan air secukupnya hingga encer. Masak di atas api kecil. Aduk2 hingga berbentuk lem. Angkat. Lalu masukkan daun bawang dan terigu sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk (aku bikin bulat-bulat aja kaya ndol). Goreng pempek hingga kuning keemasan.
2. Panaskan minyak goreng sedikit, tumis bawang merah, bawang putih, cabe, dan daun jeruk hingga matang dan wangi. Boleh dikasi garam dan gula jika suka. Saran saya jangan terlalu berminyak tapi jg jangan terlalu kering.
3. Masukkan pempek yg suda digoreng ke dalam sambal yg suda ditumis tadi. Aduk hingga rata. Sajikan.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon