Resep Nugget Sayur Ayam Enak Renyah Sederhana Cara Membuat

Advertisement
Pada awal mula nya memang yang masuk dan terkenal adalah resep nugget ayam. Tetapi seperti juga makanan lainnya, akhirnya timbul berbagai macam ide lainnya yang membuatnya lebih menarik. Salah satunya adalah resep nugget sayur ayam ini. Sebenarnya resep nugget sayur ini juga sama dengan yang versi ayam. Cuma karena biasanya anak anak kecil di rumah itu susah makan sayuran. Sedangkan sayur merupakan salah satu sumber vitamin dan gizi penting buat kebutuhan tubuh mereka. Nah akhirnya keluar ide bagaimana kalau menambah sayuran sehat seperti wortel ini kedalam makanan yang anak anak suka. Salah satu makanan yang anak anak suka memang nugget bukan. Apalagi cara membuat nugget sayur ini juga mudah dan praktis. Tinggal mencampur aneka bahan dan bumbu nugget sayur yang dibutuhkan kemudian kukus dan simpan di freezer. Nah buat teman teman yang belum pernah membuatnya sendiri, kali ini saya akan memberikan resep membuat nugger sayur sehat sederhana.

Resep membuat nugget sayur sebenarnya sangat mudah praktis. Pas sekali untuk sarapan pagi, makan siang, makan malam, menu buka puasa ataupun sahur kalau tidak sempat masak. Sama seperti cara membuat nugget ayam, nugget tahu atapun nugget ikan, perkedel jagung atau cemilan lainnya, resep nugget ayam sayur ini juga tidak membutuhkan peralatan dapur yang banyak dan ribet. Cukup peralatan sederhana dan standar untuk memasak, seperti blender atau food processor untuk menghaluskan bahan dan bumbu nugget sayurnya nanti. Untuk sayurannya sendiri sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera dan stok yang ada. Misalnya wortel, brokoli, selederi ataupun nugget sayur bayam. Kalau bumbunya paling cuma garam dapur, bawang putih dan kaldu ayam non MSG supaya aroma dan rasanya lebih gurih dan lezat.

Banyak ibu ibu yang menyukai resep nugget sayur ayam ini karena memang sangat praktis dan simpel. Tanpa butuh banyak waktu kita bisa menyiapkan hidangan makanan cepat saji setiap saat. Tidak perlu lagi waktu lama untuk berkutat dengan aneka bumbu dapur dan bahan bahannya. Tinggal ambil dari freezer kemudian goreng deh untuk lauk ataupun sekedar cemilan pengganjal perut lapar.Tetapi walaupun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tips cara membuat nugget sayur ini supaya rasanya enak, gurih dan tahan lama.

Salah satu ciri khas resep nugget adalah rasanya yang cruncy dan renyah. Kerenyahan ini berasal dari tepung panir yang dipakai untuk melapisi resep nugget sayur yang sudah selesai dipotong. Untuk itu gunakan tepung panir kualitas bagus supaya lebih renyah dan disukau anak anak. Daging ayam juga harus benar benar fresh dan segar. Bisa menggunakan ayam fillet atau daging ayam yang sudah dicincang halus. Kalau tertutup rapat dan tidak dibuka, resep nugget ayam sayur yang kita simpan di freezer bisa sampai hampir 1 sampai 1.5 bulan lho. Tips cara membuat nugget sayur lengkap dengan bahan dan bumbu yang dibutuhkan ada dibawah ya.


Tips membuat nugget sayur

Daging ayam filler utuh saat dihaluskan jangan ditambah air ya. Lebih bagus menggunakan food processor atau blender yang buat bumbu.
Ukuran adonan jangan terlalu tebal saat memasukkan di loyang dan akan dikukus. Supaya saat digoreng nanti matangnya merata.
Saat mengukus adonan resep nugget sayur nya jangan lupa panci kukusan di atasnya diberi selembar kain ya. Hal ini mencegah tetesan air dari uap kukusan dan supaya adonannya nanti tidak terlalu lembek.
Loyang yang dipakai harus dialasi kertas minyak atau roti ya supaya mudah saat akan mengeluarkannya nanti. Di atasnya lebih bagus diolesi kembali dnegan sedikit minyak goreng baru supaya nanti tidak menempel dan kertasnya ikut terambil.
Proses pembentukan kulit luar bisa 1 atau 2 kali. Kalau ingin lebih cruncy dan krispi, sebaiknya adonan nugget dibalut dengan tepung panir sebanyak 2 kali.
Sayuran wortel sebaiknya diparut supaya mudah saat dipotong-potong nantinya.
Untuk yang suka brokoli, sebaiknya brokolinya dikukus dahulu setengah matang supaya tidak terlalu bau.
Kalau mau disimpan di frezer, nugget sebaiknya di tata dengan rapi di wadah tertutup. Jangan sampai nempel ya. Soalnya nugget disini kan masih belum beku, jadi masih gampang terkelupas kulit luarnya.

Bahan Nugget Sayur
  • Bahan utama berupa daging ayam fillet segar kurang lebih sebanyak 1/2 kg.
  • Tepung panir halus supaya lebih renyah kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.
  • Tepung tapioka atau tepung sagu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Buah wortel segar yang sudah diparut halus kurang lebih sebanyak 0.5 pcs ukuran sedang besar.
  • Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 0.5 buah. Kupas kulitnya kemudian serut halus juga.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Mayonise kurang lebih sebanyak 5 sendok makan.

Bumbu Nugget
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kemudian haluskan atau diparut juga bisa.
  • Kaldu ayam bubuk non MSG secukupnya kalau suka atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Kecap ikan kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Merica halus kalau suka secukupnya sesuai selera.

Bahan lapisan luar

Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.
Telur ayam kocok lepas secukupnya sesuai kebutuhan.

Cara membuat nugget sayur
  • Pertama siapkan loyang yang akan dipakai untuk mengukus adonan nugget sayur ayamnya dan beri alas kertas roti diatasnya.
  • Olesi permukaan kertas roti dengan sedikit minyak goreng yang baru kemudian sisihkan.
  • Haluskan daging ayam fillet yang akan digunakan sampai halus. Bisa juga menggunakan blender bumbu ya.
  • Siapkan wadah agak besar buat adonan utama nugget nya.
  • Masukkan daging ayam halus tadi bersama dengan parutan wortel parutan bawang bombay, tepung panir dan tepung tapioka. Aduk sebentar semua bahan tadi.
  • Tuang mayonise, telur ayam dan bumbu nugget sayur nya. Aduk kembali semua bahan sampai benar-benar tercampur rata.
  • Tuang adonan nugget ayam sayur tadi keatas loyang dan ratakan supaya lebih rapi.
  • Masukkan loyang kedalam panci kukusan dan kukus sampai matang (kurang lebih selama 1/2 jam).
  • Setelah matang keluarkan dari panci kukusan dan tunggu sampai agak dingin.
  • Keluarkan nugget yang sudah dikukus tadi dari loyang dengan hati-hati.
  • Potong adonan jadi nugget tadi sesuai keinginan. Supaya mudah saat memotongnya, pisau atau alat potongnya sebaiknya diolesi terlebih dahulu dengan sedikit minyak.
  • Masukkan potongan nugget diatas kedalam wadah berisi telur yang sudah dikocok sampai semua permukaan tertutup rata.
  • Angkat dan gulirkan kedalam wadah berisi tepung panir sambil agak ditekan sedikit sampai tertutupi dengan rapi.
  • Kalau ingin lebih cruncy dan renyah, proses tadi bisa diulang kembali.
  • Setelah tertutup rata, resep nugget sayur siap untuk digoreng atau dimasukkan kedalam freezer untuk stok.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon