Loading...
Loading...

Jumat, 18 Agustus 2017

Lahir pada 17 Agustus, Bayi-bayi ini Langsung Dapat Akta Kelahiran

Loading...



WARTA KOTA, PASAR REBO — Perasaan lega terlihat di wajah Rivai (26), warga Ciracas, Jakarta Timur di ruang tunggu Instalasi Persalinan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur Kamis (17/8/2017) sore.


Bukan hanya mensyukuri lancarnya persalinan yang dijalani sang isteri, Adinda (23), pria muda yang baru saja menjadi ayah ini juga merasa gembira karena akte kelahiran anak perempuannya sudah jadi.


“Kirain ada apa tadi. Ternyata ada orang Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yang langsung ngedata. Jadi nggak perlu repot-repot, bolak-balik ngurus akte lahir, akte anak saya udah langsung jadi,” ungkapnya.


Awalnya Rivai mengaku sempat merasa bingung ketika dirinya ditanyai soal nama anak yang kemudian setelah dijawab langsung dibubuhkan dalam akte kelahiran.


Dia juga berterus terang belum tahu cara mengurus akte kelahiran. “Soalnya kan saya baru sekali pengalaman kayak gini. Jadi saya bilang (pelayanannya) mudahin warga banget,” ujarnya.


Terkait nama anak, sebenarnya Rivai mengaku sempat mengalami kebingungan ketika ditanya petigas Dukcapil. “Soalnya saya kan belum nyiapin (nama anak),” ungkapnya.


Tetapi karena diminta untuk segera memberikan nama, sementara sang istri masih mendapatkan perawatan, sebuah nama akhirnya dipilih lewat mesin pencari Google. “Salsabilah Ariyanti, artinya bagus, mudahan-mudahan jadi anak yang solehah,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi menyampaikan, layanan pembuatan akte kelahiran gratis sengaja diberikan untuk memudahkan warga.


Pelayanan pemberian akte kelahiran di rumah sakit, katanya, sudah diberikan kepada seluruh warga DKI Jakarta yang bersalin di RSUD dan Rumah Sakit Tipe D di seluruh wilayah DKI Jakarta.


Khusus pada tanggal 17 Agustus, pihaknya memberikan pelayanan akte kelahiran gratis dengan syarat yang mudah.


“Syaratnya mudah. Cuma KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga), akte langsung dicetak dan jadi. Intinya memudahkan warga untuk disiplin dalam hal kependudukan,” ungkapnya saat dihubungi Warta Kota pada Kamis (17/8).


Dia juga menyampaikan, hingga berita ini diturunkan, jumlah bayi yang lahir bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI tahun 2017 ada 32 orang.


Rinciannya dilahirkan di RSUD Tarakan sebanyak tiga orang; di RSUD Budi Asih tujuh orang; di RSUD Pasar Rebo tujuh orang; di RSUD Pasar Minggu dua orang; di RSUD Cengkareng delapan orang; dan di RSUD Koja sebanyak lima orang.



Source link


قالب وردپرس


Loading...
Lahir pada 17 Agustus, Bayi-bayi ini Langsung Dapat Akta Kelahiran
4/ 5
Oleh