Loading...
Loading...

Senin, 21 Agustus 2017

Kasudin PE Sesalkan Biaya Listrik Pihak Lain Dibebankan ke Institusinya

Loading...

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU– Pihak Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Selatan mengeluhkan sikap salah kaprah badan-badan lain, termasuk SKPD lain, yang membebankan biaya listrik untuk berbagai kegiatan mereka di Jakarta Selatan, ke sudin ini.


Menurut  Kepala Sudin PE Jakarta Selatan (Jaksel), Suryanto, banyak pihak salah paham, terutama badan lain, termasuk para pihak dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang menganggap Sudin PE adalah produsen listrik.


“Perlu diketahui jika Sudin Perindustrian dan Energi adalah sama-sama konsumen listriknya PLN. Jadi jangan dikira kami produsen listrik,” tutur  Suryanto, Minggu (20/8).


Ia menyesalkan badan lain di Jakarta Selatan yang belum memahami sepenuhnya posisi dan fungsi Sudin PE. Mereka selalu mengandalkan Sudin PE dalam setiap kegiatan sebagai pihak yang menyediakan daya listrik.


“Mereka bilang, ‘Pak kami ada kegiatan ini. Tolong ya untuk listriknya’. Mereka kira, kami nggak bayar listrik juga kali ya,” keluhnya.


Ia juga menyampaikan, permintaan berbagai pihak dalam penyediaan listrik kerap tidak sesuai dengan kenyataan saat hari berlangsungnya kegiatan.


Dia mencontohkan kegiatan Lebaran Betawi yang telah berlangsung beberapa waktu lalu. Pada awalnya mereka hanya meminta daya untuk 100 stan UKM, namun pada pelaksanannya ternyata ada 200 stan yang dibuka oleh Bamus Betawi selaku panitia acara.


Artinya, hal itu menambah beban listrik ke pihaknya. “Belum lagi kita dengan personel yang minim juga harus stand by. Bagaimana jika listriknya off saat acara berlangsung?” tukasnya.


Ditambahkannya bahwa  listrik tidak mungkin di-loss strum. “Itu namanya mencuri. Bisa kena denda sampai Rp 300 juta loh,” ujarnya lagi.


Karena itu, sambungnya, perlu kesadaran dan mengubah pandangan yang salah seperti itu. “Jadi kami ini bukan PLN melainkan sama-sama konsumen PLN juga,” ungkapnya.


Karena itu, tegasnya, jika suatu badan atau kompartemen ingin membuat acara, mereka perlu melakukan perencanaan dan  persiapan yang matang sekaligus memikirkan pendanaan untuk biaya listrik.


“Kalau untuk alat-alat dan tenaga kita siapkan,” tuturnya.



Source link


قالب وردپرس


Loading...
Kasudin PE Sesalkan Biaya Listrik Pihak Lain Dibebankan ke Institusinya
4/ 5
Oleh