Loading...
Loading...

Rabu, 19 Juli 2017

Remember Sejarah! Inilah Ekpedisi Laksamana Cheng Ho, Kembangkan Peradaban – Post Share Indonesia

Loading...

Cheng Ho atau Ma Ho (nama kecilnya) seorang yang lahir dari keluarga Muslim dan dididik serta diasuh di kemudia hari di keluarga istana, membuatnya tangguh dan berposisi tinggi.


Karena posisi tingginya di istana, kaisar Zhu dari dinasti Ming memberinya kepercayaan sebagai laksamana dan memeracayakannya agar melakukan petualangan atau ekspedisi, khususnya di hamparan samudera luas antarbenua.


Foto: Dakwatuna
Foto: Dakwatuna

Petualangan berlangsung dalam tujuh kali pelayaran, selama 28 tahun (1405 M -1433 M).


Menurut Rosenberg, tak kurang dari 30 negara di benua Asia dan Afrika telah disinggahi Cheng Ho. Jarak tempuh ekspedisi yang dipimpin Cheng Ho beserta pengikutnya mencapai 35 ribu mil.


Dalam batu prasasti yang ditemukan di Provinsi Fujian itu, Cheng Ho mengatakan bahwa dirinya diperintahkan kaisar Dinasti Ming untuk berlayar mengarungi samudera menuju negara-negara di luar horizon.


Pada ekspedisi pertama, ia mengerahkan 62 kapal besar dan belasan kapal kecil yang digerakkan 27.800 ribu awak. Pada pelayaran ketiga, Cheng Ho menurunkan kapal besar sebanyak 48 buah dengan 27 ribu awak.


Sementara itu pada pelayaran ketujuh, tak kurang dari 61 kapal besar dikerahkan dengan awaknya mencapai 27.550 orang. Padahal, ekspedisi yang dilakukan Columbus saat menemukan benua Amerika hanya mengerahkan tiga kapal dengan awak mencapai 88 orang.


Sebuah ekspedisi yang benar-benar dahsyat. Dalam setiap ekspedisi itu, secara khusus Cheng Ho memakai ‘kapal pusaka’. Sebuah kapal terbesar pada abad ke-15 M. Pusaka disebutkan, karena panjangnya saja mencapai 138 meter dan lebarnya sekitar 56 meter. Ukuran kapal yang digunakan Cheng Ho untuk menjelajah samudera itu lima kali lebih besar dibanding kapal Columbus.


Menurut sejarawan, JV Mills kapasitas `kapal pusaka’ itu mencapai 2.500 ton. Sebuah pencapaian gemilang milik Cheng Ho, melalui ekspedisi lautnya pada abad ke-15 M menunjukkan betapa peradaban Cina telah memiliki kapal-kapal besar serta kemampuan navigasi untuk menjelajahi dunia. []


Sumber: Muslimdaily.net | inspiradata



loading…


Source link


قالب وردپرس


Loading...
Remember Sejarah! Inilah Ekpedisi Laksamana Cheng Ho, Kembangkan Peradaban – Post Share Indonesia
4/ 5
Oleh