Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung

Advertisement
Resep Masakan Daging (Khas Bangka Belitung) - Halo pecinta Resep Masakan Indonesiaku. Saya masih ingin berbicara tentang masakan sate. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa sate tidak hanya milik suatu daerah, tapi juga sate bisa kita temukan di hampir berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai bahan olahan (lihat disini).

Untuk itu, Bangka Belitung pun punya resep sate yang tidak kalah menariknya dari daerah-daerah lain. Sate ini berbahan dasar daging sapi yang dicincang halus dan dibentuk bulat seperti kelereng yang ditusuk oleh tusukan sate.

Itu kenapa sate ini disebut Sate Pentul Daging Sapi.

Sebenarnya sate ini cukup sederhana dan hampir sama dengan sate pada umumnya dalam hal pembuatannya. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dirumah.

Hal ini karena tentu saja, bahan yang digunakan untuk membuat sate ini sedikit berbeda dengan bahan sate lainnya. Dan itulah yang membuat sate ini memiliki ciri khas tersendiri.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate, selain daging sapi, yaitu bawang merah, bawang putih, pala halus, ketumbar dan jintan yang sudah disangrai, garam dan juga merica. Inilah rahasia bumbu yang digunakan sate khas Bangka Belitung.

Namun untuk sambal/sausnya, kita hanya memerlukan kecap manis, bawang merah, cabai rawit merah serta jeruk limau. Cukup sederhana tapi akan membuat sate pentulya lebih istimewa.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasan Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung untuk anda semua.

Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung
(Sate Pentul Daging Sapi, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 20 menit
: 40 menit
: 60 menit
Disajikan untuk
Level
: 3 orang
: Mudah

Bahan-bahan:

  • Cincang halus 500 gram daging sapi
  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Pala halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Sangrai ketumbar sebanyak ¼ sendok teh
  • Sangrai jintan sebanyak ¼ sendok teh
  • Garam dan merica secukupnya
  • 12 buah tusuk sate

Bahan Sambal Kecap:

  • Kecap manis sebanyak 5 sendok makan
  • Bawang merah sebanyak 3 butir
  • Cabai rawit merah sebanyak 6 buah
  • Jeruk limau sebanyak 2 buah

Cara Membuat Sate Pentul Daging Sapi:

  1. Siapkan ulekan lalu masukan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jintan. Ulek semua bahan tersebut sampai benar-benar halus lalu tambahkan pala halus dan aduk-aduk sampai tercampur rata.
  2. Selanjutnya daging sapi yang sudah dicincang halus dicampurkan dengan bumbu halus yang sudah dibuat diberi garam dan merica secukupnya. Aduk semua bahan dan pastikan daging sapi tercampur dengan baik.
  3. Setelah tercampur kemudian ambil daging dan bentuk bulat sebesar kelereng lalu tusukan pada tusuk sate. Lakukan hal ini sampi daging habis dan sisihkan.
  4. Berikutnya siapkan arang, nyalakan, lalu bakar sate tadi diatas arang sampai matang atau berubah warna. Angkat lalu sisihkan.
  5. Kemudian membuat sambal kecap. Caranya iris tipis bawang merah beserta cabai rawit lalu campurkan dengan kecap manis, aduk-aduk lalu beri air perasan jeruk limau diatasnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Tahap akhir yaitu penyajian. Siapkan piring saji lalu letakan sate yang sudah matang dan siram dengan sambal kecap tadi diatas sate.
  7. Sate Pentul Daging Sapi pun siap untuk dinikmati.

Rekomendasi Resep : Daging Kambing Rica Rica Pedas

Sate ini sangat cocok jika dikonsumsi dengan nasi putih hangat yang pulen. Tentu akan menambah selera makan anda.

Jika anda tidak suka dengan sambal kecapnya, anda boleh membuat sambal lain kesukaan anda, baik itu sambal kacang ataupun sambal yang lainnya. Saya sendiri lebih suka dicampur dengan saus sambal yang pedas.

Demikian Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda tentang masakan sate dan masakan Indonesia tentunya.

Ayo bergabung dengan saya dengan cara subscribe di kotak berlangganan dibawah ini. Bantu juga saya untuk share resep ini kepada para pecinta masakan Indonesia lainnya.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon