Resep dan Cara Membuat Sambal Lado Minang

Advertisement
Resep Masakan Khas Sumatera Barat – Masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pedas membuat mereka kreatif untuk menciptakan suatu pelengkap masakan yang pedas dan enak bernama sambal. Ya, bagi masyarakat Indonesia, sambal merupakan hal yang sudah sangat akrab dengan keseharian mereka karena biasa dijadikan sebagai pelengkap masakan sehari-hari.

Banyak sekali macam-macam dari sambal ini. Hampir dari setiap daerah memiliki ciri khas dan rasa sambal yang berbeda-beda. Namun tetap sambal ini identik dengan rasa pedas.

Nah bagi anda yang sangat menyukai pedas tentu anda akan lebih menikmati jika memakan suatu masakan dilengkapi dengan adanya sambal. Selera makan anda akan terus bertambah dan tentu saja sensasi memakan sambal ini sangat unik.

Karena jika rasanya sangat pedas, biasanya badan kita akan terasa hangat dan mengeluarkan keringat selain bibir kita yang akan terasa sedikit jontor. Tapi itulah enaknya makan dilengkapi dengan sambal.

Kali ini saya akan memberikan sebuah resep sambal yang sudah cukup terkenal di Indonesia, yaitu Sambal Lado yang merupakan khas dari daerah Minang atau Sumatera Barat.

Sambal Lado Minang ini semakin menjadi populer ketika salah seorang penyanyi dangdut Indonesia menyanyikan sebuah lagu dengan judul yang sama. Anda pun pasti sudah pernah mendengar lagunya.

Sesuai dengan lagunya bahwa Sambal Lado ini terasa panas dan pedas. Ya, karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sambal Lado ini salah satunya adalah cabai merah dimana semua orang sudah mengetahui kepedasan dari cabai ini.

Dalam hal proses pembuatannya, Cara Membuat Sambal Lado ini hampir sama dengan cara membuat sambal pada umunya dan relatif mudah serta cepat. Dimana pada intinya semua bahan dihancurkan atau dihaluskan.

Bagi anda yang ingin mencicipi bagaimana rasa dari sambal lado yang khas ini. Berikut ini saya jelaskan Resep dan Cara Membuat Sambal Lado Minang untuk anda.

Resep dan Cara Membuat Sambal Lado Minang
(Sambal Lado Minang, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 10 menit
: 20 menit
: 30 menit
Disajikan untuk
Level
: 3 orang
: Mudah

Bahan-bahan:

  • Cabai Merah sebanyak 1 buah
  • Tomat sebanyak 5 buah
  • Bawang merah besar sebanyak 1 buah
  • Jahe seukuran 3 cm
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Iris halus 10 butir petai
  • Teri sebanyak 3 sendok makan
  • Daun kunyit sebanyak 1 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Santan sebanyak ½ kaleng
  • Minyak goreng sebanyak ½ gelas
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Lado Minang:

  1. Siapkan blender, kemudian masukkan beberapa bahan seperti cabai, tomat, bawang merah, jahe dan bawang putih. Haluskan semua bahan tersebut dengan blender sampai benar-benar halus.
  2. Setelah halus, angkat lalu masukkan ke dalam panci.
  3. Simpan panci diatas kompor lalu nyalakan api, set api pada api sedang kemudian masukkan beberapa sisa bahan lainnya seperti irisan halus petai, teri, daun kunyit, daun jeruk, daun salam, santan dan juga minyak goreng. Aduk-aduk sampai merata lalu masak sampai campuran bahan tidak lagi berair dan berminyak.
  4. Kemudian angkat sambal dan sambal lado minang pun siap disajikan bersama makanan yang lain sebagai pelengkap.

Sambal Lado Minang ini sangat cocok disajikan dengan berbagai masakan khas Indonesia lainnya terutama masakan yang berasal dari daerah Sumatera juga. Namun anda patut mencobanya dirumah.

Demikianlah yang bisa saya tulis pada postingan kali ini mengenai Resep dan Cara Membuat Sambal Lado Minang. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Jangan lupa untuk membaca resep lainnya dan berlangganan Resep Masakan Indonesia langsung ke alamat email anda.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon