Resep dan Cara Membuat Papeda Khas Maluku Utara

Resep Masakan Khas Maluku Utara – Pasti anda sudah sangat mengenal masakan yang akan saya bahas pada tulisan kali ini. Karena memang masakan ini merupakan masakan yang sudah sangat terkenal bagi masyarakat di daerah timur sana seperti papua dan maluku.

Ya namanya Papeda. Mungkin anda mengenalnya sebagai makanan khas dari Papua. Tetapi ternyata tidak hanya ada di Papua. Masyarakat Maluku Utara pun mempunyai makanan Papeda ini. Untuk itulah saya memberi judul tulisan kali ini seperti itu.

Papeda merupakan sejenis makanan yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang kenyal. Biasanya disajikan bersama ikan kuah (bagi anda yang ingin membuatnya, silahkan baca tulisan saya disini).

Cara Membuat Papeda ini sendiri sangat sangat mudah dan sederhana sekali dengan bahan-bahan yang sedikit. Anda hanya membutuhkan tepung sagu, dan air panas.

Dan anda hanya perlu mencampur tepung sagu dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tepung mengental.

Mengenai rasa, dengan bahan seperti ini tentu saja Papeda tidak mempunyai rasa. Untuk itulah kenapa Papeda ini sering disajikan dengan Ikan Kuah yang gurih.

Di daerah timur sana, ini tidak hanya menjadi makanan tradisional. Tetapi sebagian masyarakatnya menjadikannya sebagai makanan pokok mereka. Mungkin bagi anda yang berada di daerah jawa, makanan pokoknya adalah nasi. Nah, kalau mereka ya sagu atau Papeda ini.

Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan dicatat Resep dan Cara Membuat Papeda Khas Maluku Utara berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Papeda Khas Maluku Utara
(Papeda, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 15 menit
: 20 menit
: 35 menit
Disajikan untuk
Level
: 5 orang
: Mudah

Bahan-bahan:

  • Tepung sagu sebanyak 1 kilogram
  • Air panas matang secukupnya

Cara Membuat Papeda:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan tepung sagu. Selanjutnya siram dengan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata.
  2. Kemudian masukkan air panas ke dalam adonan sagu, aduk-aduk kembali sampai merata dan tepung menjadi kental dan sedikit lengket.
  3. Setelah merata dan sedikit lengket, itu artinya papeda siap disajikan dan dinikmati.

Seperti halnya nasi, sagu sebagai bahan membuat papeda ini mengandung banyak karbohidrat sehingga bisa mengenyangkan. Selain itu, kandungan nutrisinya ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita.

Denga melihat kandungannya, sagu ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa mengurangi resiko kanker usus, bahkan bisa mengurangi resiko kegemukan dan kanker paru-paru.

Untuk itulah papeda ini sangat baik untuk anda konsumsi.

Baiklah demikian saja yang bisa saya tulis tentang Resep dan Cara Membuat Papeda Khas Maluku Utara yang mudah-mudahan bisa menjadi menu alternatif bagi anda yang sudah bosan dengan menu masakan setiap hari yang monoton.
close