Resep dan Cara Membuat Gulai Daging Tongkol Sedap

Advertisement
Resep Masakan Ikan (Resep Masakan Khas Bengkulu) - Halo Sahabat Resep, sudah siap dengan resep baru hari ini? Baiklah, karena saya sudah menyiapkan update resep masakan ikan terbaru untuk anda. Dan masakan ini merupakan salah satu masakan khas dari daerah Bengkulu.

Masakan ini berbahan dasar ikan tongkol yang dibalut dengan kuah gulai yang pedas dan segar sehingga masyarakan Bengkulu sana sering menyebut masakan ini dengan nama Gulai Daging Tongkol.

Jangan-jangan anda sudah pernah mencicipinya?

Hmm...bagi anda yang belum pernah dan ingin mencoba mencicipinya, jangan khawatir, karena saya sudah menyiapkan resep dan cara membuatnya disini. Makanya, baca tulisan ini sampai selesai ya dan jangan lupa di share juga.

Pertama kali melihat suatu masakan, pasti yang pertama kali ada di benak anda adalah bagaimana rasanya bukan? atau cara membuatnya..

Nah berbicara tentang rasa, saya jamin semua masakan Indonesia itu enak, nikmat dan yang pasti sehat, karena sebagian besar bahan-bahan yang digunakan adalah resep alami yang dihasilkan dari hasil bumi sendiri.

Ya, daripada anda memakan masakan junk food atau makanan cepat saji yang enak di awal, dan penyakit di akhir, mending anda mulai memakan masakan tadisional yang minim efek samping terhadap kesehatan tubuh kita, betul tidak?

Dan tidak ada salahnya anda mencoba membuat masakan yang satu ini. Saya jamin anda pasti menyukainya, disamping karena bahan utamanya, yaitu ikan tongkol, memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh.

Mengenai khasiat dari ikan ini, anda bisa mencarinya di postingan saya sebelumnya.

OK Sahabat Resep, saya tidak akan terlalu banyak menjelaskan ya kali ini. Siapkan saja catatannya, ini dia Resep dan Cara Membuat Gulai Daging Tongkol Sedap untuk anda.

Resep dan Cara Membuat Gulai Daging Tongkol Sedap
(Gulai Daging Tongkol, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 20 menit
: 30 menit
: 50 menit
Disajikan untuk
Level
: 5 orang
: Sedang

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ikan tongkol lalu potong menjadi 5 bagian
  • 2 batang serai yang kemudian dimemarkan
  • 2 cm jahe lalu dimemarkan
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada
  • 500 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
  • 20 lembar daun kemangi
  • 6 sendok makan minyak yang akan digunakan untuk menumis

Bahan bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 6 buah cabai merah
  • (semua bahan ini dihaluskan dengan ditumbuk atau diulek)

Cara membuat Gulai Ikan Tongkol:

  1. Pertama siapkan ikan tongkol yang sudah dibersihkan, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis, garam, dan juga lada. Pastikan semua bagian ikan terlumuri semua dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap ke dalam ikan. Hal ini juga dilakukan agar ikan tidak terlalu tercium bau amis.
  2. Setelah dirasa cukup, siapkan panggangan ikan, nyalakan, lalu bakar ikan di atas panggangan tersebut sampai ikan menjadi matang. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Kemudian, siapkan wajan dan panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, serai yang sudah dimemarkan hingga matang dan harum. Aduk-aduk sebentar.
  4. Lalu, masukkan ikan tongkol yang sudah dipanggang tadi, aduk-aduk secara perlahan supaya ikan tidak hancur.
  5. Selanjutnya masukkan santan, garam, lada dan masak sampai mendidih dan kental.
  6. Tambahkan daun kemangi, aduk-aduk kembali.
  7. Setelah mulai tercium wangi daun kemangi dan masakan sudah dirasa matang, angkat masakan dan sajikan di atas piring saji.

Rekomendasi Resep : Gulai Ikan Tongkol Khas Bengkulu

Nah itu dia Sahabat Resep, penjelasan lengkap mengenai Resep dan Cara Membuat Gulai Daging Tongkol yang super sedap. Kalau anda memiliki pertanyaan seputar resep ini, silahkan saja beri komentar dibawah atau bisa kirim pesan menggunakan halaman kontak atau di G Plus.

Saya harap, resep ini bisa membantu anda dan menambah koleksi resep harian anda. Jadi, anda tidak akan bingung lagi ketika menyiapkan menu masakan untuk suami ataupun untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba resepnya di rumah.

Jangan lupa like and share ya Sahabat Resep.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon