Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh Aceh

Advertisement
Resep Masakan Khas Aceh – Halo sahabat resep. Berbicara tentang masakan laut, Aceh mempunyai berbagai macam masakan laut yang enak. Hal ini karena letaknya yang sebagian besar berdekatan dengan laut. Sehingga Aceh memiliki hasil laut yang sangat beragam dan melimpah.

Tidak heran masyarakatnya pun memiliki berbagai macam olahan masakan laut. Di mulai dari masakan yang berbahan dasar ikan, udang, sampai masakan yang berbahan dasar cumi. Nah, salah satunya resep masakan yang akan saya bahas pada tulisan kali ini.

Siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan cumi? Cumi memang merupakan hasil laut yang sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak orang yang mengolah cumi ini menjadi berbagai macam hidangan yang menggoda.

Seperti masyarakat Aceh yang mengolah cumi menjadi olahan yang sangat nikmat, dan mereka menamai masakan ini dengan nama Cumi Teutumeh.

Tidak tahu pasti mengapa masakan ini dinamakan Cumi Teutumeh, yang jelas masakan ini sangat lezat, dimana daging cumi yang empuk dan kenyal dicampur dengan kuah santan yang kental dan gurih. Sehingga, tidak sedikit para pelancong yang datang berkunjung ke Aceh mencobanya dan menyukai masakan yang satu ini.

Bagi anda Sahabat Resep yang setia dengan blog ini, saya memiliki resepnya yang bisa anda coba dirumah. Ya mungkin anda hanya mengolah cumi dengan digoreng ataupun dengann resep yang sudah sering anda praktikkan.

Tidak ada salahnya anda mencoba resep masakan khas Aceh ini sebagai variasi menu masakan harian keluarga anda.

Langsung saja, berikut ini saya sajikan untuk anda Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh Aceh. Silahkan disimak baik-baik dan dicatat bila perlu.

Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh Aceh
(Cumi Teutumeh, Sumber Foto: bingdotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 30 menit
: 20 menit
: 50 menit
Disajikan untuk
Level
: 5 orang
: Sedang

Bahan-bahan:

  • Siapkan udang sebanyak kurang lebih 500 gram, kemudian potong bulat seukuran 2 cm dan kerat di salah satu bagian sisinya
  • Ambil ari dari 1 buah jeruk nipis
  • Santan sebanyak 800 ml
  • Asam sunti sebanyak 2 buah
  • Belimbing sayur sebanyak 3 buah
  • Cabai rawit merah sebanyak 5 buah
  • Cabai rawit hijau sebanyak 5 buah
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Bahan bumbu halus:

  • Bawang merah sebanyak 6 buah
  • Bawang putih cukup 2 siung saja
  • 4 buah cabai merah
  • Kunyit seukuran 1 cm
  • Jahe seukuran 2 cm
  • 1 sendok teh lada
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat Cumi Teutumeh:

  1. Siapkan wadah kemudian masukkan potongan cumi, beri air jeruk nipis lalu aduk merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Selanjutnya siapkan wajan beri sedikit minyak, panaskan dan tumis bumbu halus sampai tercium harum.
  3. Tambahkan cabai rawit merah dan cabai rawit hijau, aduk-aduk dan masak sampai layu.
  4. Setelah layu, baru masukkan potongan cumi tadi, diaduk kembali. Lalu masukkan santan, asam sunti dan belimbing sayur. Aduk-aduk sampai merata dan masak hingga cumi matang dan santan menjadi sedikit mengental.
  5. Setelah mengental, itu tandanya masakan sudah matang dan siap disajikan.
  6. Lalu angkat dan sajikan.

Setiap daerah memiliki bahan dan cara membuat masakan yang berbeda-beda, seperti halnya Aceh yang sering menggunakan asam sunti dan belimbing sayur pada masakannya. Namun, pada dasarnya cara membuat Cumi Teutumeh ini sangat mudah.

Selanjutnya, selain cara membuat sebuah masakan terus rasa dari masakan tersebut, orang juga sering ingin mengetahui kandungan gizi dari masakan tersebut.

Cumi Teutumeh, sebagai masakan yang berbahan dasar cumi memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh Aceh
Dalam setiap 100 gram cumi mengandung sekitar 175 kkal, total lemak sebesar 7 gram, sodium 306 mg pottasium 279 mg, karbohidrat sebesar 8 gram, dan juga protein sekitar 18 gram.

Dengan kandungan yang begitu kompleks, cumi memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Hiroki dari salah satu Universitas di Jepang, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kandungan tinta dalam cumi ini mengandung vitamin A yang cukup besar sehingga bisa membantu dalam mengatasi tumor.

Selain itu, tinta dalam cumi pun setelah diteliti ternyata memiliki kandungan zat-zat khusus yang bisa mengaktifkan sel darah putih yang sangat baik untuk membasmi berbagai kuman atau bibit penyakit yang mungkin bisa masuk ke dalam tubuh manusia.

Namun ada satu hal yang harus anda perhatikan, yaitu bahwa cumi ini mengandung kolesterol yang cukup besar, sehingga saya sarankan anda untuk tidak memakan masakan ini terlalu banyak.

Itulah sedikit tentang kandungan nutrisi dari Cumi Teutumeh yang bisa anda dapatkan.

Selanjutnya bagi anda yang ingin membuat masakan ini, memilih bahan dasar yang segar merupakan sebuah keharusan. Dengan bahan yang segar anda bisa mendapatkan citarasa masakan yang lebih khas.

Lalu apa saja tips memilih cumi yang segar untuk membuat Cumi Teutumeh in?

Tips Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh AcehTipsnya yang pertama, ketika anda memilih cumi, pilihlah cumi yang memiliki kulit putih dengan bercak coklat kemerahan. Ini menandakan bahwa cumi masih muda dan segar karena jika cumi sudah berumur tua warna kulitnya berubah kemerahan dan dagingnya berawarna kekuningan.

Yang kedua anda juga harus memperhatikan mata dari cumi tersebut, pilihlah cumi yang memiliki mata yang bening, kepala yang masih melekat dan juga kulit arinya yang masih berwarna putih bening.

Dengan memperhatikan tips diatas, anda bisa mendapatkan cumi yang segar dan bisa membuat masakan anda semakin mantap dan gurih.

Baiklah Sahabat Resep, bagi anda yang suka dengan seafood, anda harus mencoba membuat Cumi Teutumeh ini dirumah sebagai variasi menu masakan harian anda. Anda pun sekarang sudah tahu kandungan gizi serta tips dalam memilih bahan utama yang segar.

Semoga tulisan saya tentang Resep dan Cara Membuat Cumi Teutumeh Aceh ini bisa bermanfaat untuk anda semua pembaca setia Resep Masakan Indonesiaku.

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon