Resep Masakan Sayur Asem Jakarta Enak Gile

Advertisement
Resep Masakan Sayur (Khas Jakarta) – Sayur Asem, siapapun pasti sudah mengenal masakan sayur ini. Semua orang pasti pernah mencicipi bahkan mungkin semua orang pasti menyukainya.

Memang sayur asem sering menjadi menu masakan favorit keluarga. Disamping proses pembuatannya yang mudah dan sederhana, rasanyapun sangat nikmat dan segar. Tak heran jika hampir seluruh keluarga menyukai menu masakan sayur yang satu ini.

Ketika kita tidak mempunyai ide untuk menu makan harian, sayur asem ini sering menjadi alternatif pilihan terutama bagi para ibu rumah tangga. Bahan-bahan untuk membuat sayur asem ini banyak kita jumpai di warung-warung yang menjual bahan makanan atau warung sayuran.

Warung kecil atau besar pasti menyediakan bahan-bahannya. Bahkan warung selalu menyediakan bahan-bahan untuk membuat sayur asem ini dalam satu bungkus plastik yang praktis. Tinggal kita membeli bumbu-bumbu pelengkapnya saja.

Ini artinya bahwa sayur asem ini sudah memasyarakat. Semua orang sudah mengenal kelezatan sayur asem.

Namun, sebenarnya sayur asem ini di setiap daerah berbeda-beda. Orang-orang pasti sudah mengenal adanya sayur asem dari Jawa, Sunda maupun Betawi. Semuanya ini memiliki khas masing-masing walaupun bahan-bahan yang digunakan hampir semuanya sama.

Ada sedikit perbedaan antara Sayur Asem Jawa, Sunda dan Betawi. Sayur Asem Jawa ini terlihat bening dengan komposisi bahan sayuran yang digunakannya kurang beragam.

Ini sangat berbeda sekali dengan Sayur Asem yang berasal atau khas dari Sunda, Betawi atau Jakarta. Sayur Asem ini memiliki tampilan kuah yang pekat, bahan sayurannya lebih banyak dan beraneka ragam.

Bahan sayuran dan bumbu yang digunakan Sayur Asem Jakarta ini contohnya seperti kacang merah, kacang panjang, jagung muda / jagung manis, berbagai macam cabai, labu siam, asam, dan bahan-bahan yang lainnya.

Dengan bernaneka ragam sayuran yang digunakannya, tak heran jika hampir semua orang di Indonesia terutama pulau jawa lebih mengenal Sayur Asem Jakarta dari pada sayur asem yang lainnya.

Sayur Asem Jakarta ini paling enak dikonsumsi bersama nasi putih yang hangat, ikan asin, dan kerupuk emping yang renyah. Tapi bagi anda yang suka sekali dengan masakan pedas, Sayur Asem Jakarta ini juga cocok jika dimakan bersama sambel yang pedas.
Meskipun sederhana dalam proses pembuatannya, namun jangan salah, karena Sayur Asem Jakarta ini sudah memasuki dan menjadi menu masakan di hampir semua restoran terkenal di Indonesia.

Sayur Asem Jakarta ini menggunakan beberapa bahan cabai, jadi rasanya cukup pedas. Biasanya kurang cocok bagi anak-anak yang tidak suka pedas. Namun anda bisa mengakalinya dengan mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

Selain itu, rasa asam yang pekat sebenarnya kurang cocok bagi anda yang memiliki penyakit lambung. Jadi kami sarankan untuk tidak memakan terlalu banyak, terutama kuahnya. Tapi jika anda mengurangi asam muda yang digunakan, tentu anda bisa memakan sayur asem ini dengan tenang.

Untuk lebih lanjut, berikut kami akan paparkan Resep Masakan Sayur Asem Jakarta Enak Gile untuk anda.

Resep Masakan Sayur Asem Jakarta Enak Gile
(Sayur Asem Jakarta, Sumber Foto: sidomidotcom)

Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Total Waktu
: 10 menit
: 20 menit
: 30 menit
Disajikan untuk
Level
: 4 - 5 orang
: Mudah

Bahan-bahan :

  • Kacang panjang segar kurang lebih sebanyak 10 buah. Cuci bersih lalu potong-potong sesuai selera.
  • Jagung muda kurang lebih 3 buah. Cuci bersih dan potong-potong jagung muda sesuai keinginan anda.
  • Buah melinjo kurang lebih sebanyak 25 gram.
  • Daun melinjo yang masih segar secukupnya atau kurang lebih 20 – 30 gram. Jika masih terdapat tangkainya, petiki daun melinjo tersebut dari tangkainya dan cuci bersih.
  • Terung ungu sebanyak 1 buah. Cuci bersih lalu potong dadu atau sesuai selera anda.
  • Kacang tanah sebanyak 100 gram. Kupas kulitnya dan keluarkan bijinya.
  • Jagung manis sebanyak 2 buah yang sudah dipotong-potong sesuai selera.
  • 1 liter air
  • Cabai merah besar sebanyak 1 buah. Iris-iris cabai merah menyerong.
  • Cabai merah besar sebanyak 1 buah kemudian iris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • Asam muda secukupnya
  • ½ potong gula jawa

Bumbu halus :

  • Bawang merah sebanyak 6 butir. Kami sarankan anda membeli bawang merah lokal, karena dengan bawang merah lokal bisa menentukan rasa khas dari sayurnya.
  • Cabai merah besar sebanyak 2 buah
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok teh terasi
  • Garam beryodium secukupnya.

Cara membuat Sayur Asem Jakarta :

  1. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan bahan makanan dari kotorang-kotoran yang mungkin saja bisa membuat anda sakit perut jika tidak dibersihkan secara benar.
  2. Pastikan juga semua bahan sudah dipotong-potong setelah dibersihkan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus. Kami sarankan juga anda haluskan dengan cara manual yaitu dengan cara diulek. Menghaluskan dengan cara diulek dan dengan cara diblender akan berbeda. Keharuman dari bumbu halusnya pun akan terasa berbeda.
  4. Siapkan wajan yang berukuran sedang yang akan digunakan untuk merebus.
  5. Masukkan 1 liter air ke dalam wajan lalu didihkan air.
  6. Masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam dan gula jawa ke dalam wajan. Aduk-aduk sebentar lalu masak sampai mendidih.
  7. Kemudian masukkan sayuran yang memiliki tekstur keras terlebih dahulu seperti jagung manis dan kacang tanah, lalu masak sampai setengah matang.
  8. Selanjutnya anda tinggal memasukkan sayuran yang lainnya seperti terung ungu, jagung muda, kacang panjang, buah dan daun melinjo. Aduk-aduk kembali sampai bercampur rata. Biarkan masak sampai semuanya matang.
  9. Matikan kompor setelah matang, angkat sayur dan sajikan pada wadah sayur.
  10. Sayur Asem Jakarta pun siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Rekomendasi Resep : Sayur Asam Sunti Aceh

Mudah sekali bukan membuat Sayur Asem Jakarta? Anda pasti bisa membuatnya sendiri dirumah. Bahan-bahannya pun mudah didapat dan yang penting murah. Jadi tidak akan merogoh kocek yang terlalu dalam untuk membuatnya.

Jika terdapat bahan masakan yang tidak anda sukai, anda bisa menghilangkannya dari resep. Bahkan anda juga bisa menambahkan bahan masakan lainnya seperti tetelan daging.

Satu lagi, bagi anda yang memiliki penyakit asam urat. Kami sarankan untuk berhati-hati tidak memakan buah dan daun melinjo serta kacang tanahnya. Karena buah dan daun melinjo ini tidak baik bagi penderita asam urat dan bisa membuat penyakit lebih parah.

Berarti Sayur Asem Jakarta ini tidak memiliki khasiat dong? Jangan salah, masakan sayuer asem ini memiliki banyak khasiat karena penggunaan bahan-bahan yang mengandung berbagai macam nutrisi.

Contohnya saja asam muda atau asam jawa, kandungan yang terdapat dalam asam jawa ini ternyata bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya asma, demam, batuk, borok, bahkan bisa mentralisir racun “bisa” gigitan ular.

Selain itu, sayuran hijau yang digunakan seperti kacang panjang kaya akan protein dan vitamin yang berguna bagi tubuh kita. Bahkan sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa dalam sayur asem ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan inilah yang bisa menangkal radikal bebas yang mungkin kita serap setiap hari lewat kegiatan kita sehari-hari diluar ruangan. Antioksidan ini dihasilkan dari kandungan protein yang tinggi hampir 10% dari setiap porsi sayur asem.

Jadi jelaslah bahwa Sayur Asem Jakarta ini sangat baik untuk dikonsumsi dan memiliki khasiat tertentu.

Demikian Resep Masakan Sayur Asem Jakarta yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda mencari ide inspiratif menu masakan hari ini. Bagikan resepnya kepada kerabat dan sahabat terdekat anda, because sharing is caring.

Bolehkah kami tahu makan apa anda hari ini? Silahkan anda jawab di kolom komentar di bawah ini.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon